Senin, 04 Agustus 2008

Hargailah Diri Anda

"I’d gone through life believing in the strength and competence of others; never in my own. Now, dazzled, I discovered that my capacities were real. It was like finding a fortune in the lining of an old coat." (Joan Mills)"Saya telah mejalani hidup dengan percaya akan kekuatan dan kemampuan orang lain; tidak pernah kepada diri saya sendiri. Sekarang, dengan takjub, saya menemukan bahwa kapasitas-kapasitas diri saya sungguh nyata. Hal ini seperti menemukan sebuah keberuntungan…“ (Joan Mills)

Alangkah seringnya kita tidak memiliki kepercayaan kepada diri kita sendiri dan selalu memikirkan ketidak-mampuan serta keterbatasan diri kita. Hal ini membuat kita semakin sulit untuk mengembangkan potensi diri kita. Tetapi cobalah untuk merenungkan sejenak bahwa diri Anda amatlah berharga dan berpotensi. Terimalah diri kita dengan apa adanya dan lihatlah bahwa kita mampu melakukan banyak hal yang berarti dan menjadi berkat bagi orang lain.
Kita harus membangun suatu image diri yang baru mengenai diri kita, dengan menggali potensi-potensi diri kita yang sering kita abaikan. Pernahkah kita mendaftarkan satu-persatu dalam diri kita yang merupakan sebuah aset yang berarti bagi banyak orang? Berapa kali Anda dengan sabar mendengarkan mereka yang datang dengan segala keluh kesah mereka dan Anda memberikan penghiburan? Atau berapa kali Anda menunjukkan sikap penuh kerendahan hati dan bersedia menolong orang lain tanpa membeda-bedakan? Atau berapa kali Anda menunjukkan wajah gembira dan penuh senyum kepada siapapun orang yang baru Anda kenal sehingga hal ini memberikan kehangatan kepada mereka? Atau berapa kali Anda menunjukkan sikap mental yang pantang menyerah dan penuh kerja keras di dalam setiap tugas yang Anda terima? Lihatlah bahwa Anda sungguh-sungguh menunjukkan nilai istimewa dan begitu mahal.
Hargailah diri Anda, percayalah kepada apa yang Tuhan percayakan dalam diri Anda untuk Anda kembangkan dan pakai untuk menolong orang lain. Anda tidak usah berusaha menjadi seperti orang lain yang nampaknya begitu hebat menurut Anda. Tetapi jadilah diri Anda sendiri, dan tunjukkanlah kualitas yang tinggi dari potensi-potensi istimewa yang tersembunyi di dalam diri Anda.

Tidak ada komentar: